Image result for usb debugging


Seperti yang telah diketahui, Android merupakan sebuah sistem operasi terbuka yang digunakan dalam perangkat berlayar sentuh seperti smartphone, tablet dan sejenisnya. Sistem operasi ini seperti sebuah pintu yang menuju ke dunia lain yang sangat luas. Salah satu fitur yang ada pada Android adalah fitur pengembang atau developer. Fitur ini sangat penting untuk pembuatan aplikasi berbasis Android. Dalam fitur ini juga banyak fitur-fitur tersembunyi yang jarang digunakan orang pada umumnya. Salah satu fitur yang tersedia dalam mode pengembang/developer ini adalah USB Debugging
Secara sederhana USB Debugging memungkinkan sebuah perangkat android terhubung dengan PC/Desktop. dengan bahasa pengkodean seorang pengembang dapat memaksilkan kinerja aplikasi yang telah terpasang dalam perangkat android mereka. Pengembang juga dapat mencoba aplikasi baru yang mereka buat dengan fitur ini.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur USB Debugging ?
dalam perangkat android saat ini, kita cukup masuk ke setting/pengaturan - about phone/tentang ponsel - click/centang USB Debugging.
setelah kita mengaktifkannya, kita tinggal menyambungkan perangkat android ke PC/Desktop menggunakan kabel USB
yup sesederhana itu saja.

Apakah USB Debugging aman ?
secara teori, jika kita menyambungkan perangkat lain ke PC/Desktop maka pasti ada resikonya. Apalagi jika kita menyambungkannya di PC/Desktop yang dapat diakses secara publik. Orang yang memiliki akses ke PC/Desktop tersebut bisa mencuri data yang tersimpan dalam perangkat android kita. Jadi sebagai pengguna android kita disarankan bijak dalam menggunakan fitur USB Debugging ini.

salam >,<

No comments:

Post a Comment